TransMart
Apakah ibu hamil boleh minum "Vegeta" ? PDF Print E-mail
Written by lokomotif   
Tuesday, 05 August 2008 22:58

Dok saya mau tanya apakah orang hamil tidak boleh minum vegeta. dan bagaimana ya Dok caranya bungan air besar saya bisa lancar soalnya saya kalau bungan air besar kadang-kadang 3 hari sekali dan saya sudah minum obat atau jamu yang bisa bungan air besar.terima kasih ya Dok atas sarannya.

Ana, Mojokerto

addthis_pub = 'rizki wicaksono'; addthis_logo = 'http://www.addthis.com/images/yourlogo.png'; addthis_logo_background = 'EFEFFF'; addthis_logo_color = '666699'; addthis_brand = 'MomsMiracle.Com'; addthis_options = 'facebook,multiply,myspace,buzz,digg,delicious,technorati,stumbleupon,google,yahoobkm,live,email,reddit,more';

Terima kasih atas pertanyaannya, bu Ana. Sampai saat ini belum ada penelitian tentang efek minum Vegeta terhadap ibu hamil. Jadi, saya tidak bisa menjawab ya atau tidak. Logikanya, bila vegeta itu hanya bekerja lokal di usus, tidak diserap oleh aliran darah karena isinya adalah serat, maka seharusnya tidak membahayakan bagi ibu hamil dan janinnya. Hanya saja, saran saya, ibu tidak perlu tergantung sekali kepada vegeta untuk melancarkan buang air besarnya. Perbanyak makan sayur dan buah yang berserat tinggi serta makanan yang mengandung serat alami lainnya, dan minum minimal 8 gelas tiap hari, maka buang air besar akan lancar.

Perlu bu Ana ketahui bahwa pola buang air besar setiap orang tidak sama, ada yang sehari sekali, 2 hari sekali, 3 hari sekali, bahkan seminggu sekali. Hal ini masih merupakan variasi normal. Jadi, kalau kebiasaan ibu dari dulu memang buang air besar 3 hari sekali ya tidak apa-apa, selama feses yang dibuang bentuknya normal, tidak keras, tidak encer (seperti orang diare) dan tidak berdarah. Pola dan frekuensi buang air besar juga ditentukan oleh jumlah makanan yang masuk. Bila jumlah makanan yang masuk sedikit atau lebih kecil dari kebutuhan, maka otomatis tubuh tidak akan ’membuang’nya karena tidak ada ampasnya, bila jumlah makanan yang masuk cukup atau sesuai kebutuhan maka otomatis tubuh akan segera membuang ampasnya setelah kantong penampungan di usus besar (rektum) penuh.  Demikian bu Ana, semoga setelah ini bu Ana bisa menganalisa pola makannya.

{mosimage}dr. Valleria Sp.OG
Staff Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta

Praktek:
1. RS Hasanah Graha Afia
Jl. Raden Saleh no. 42 Depok
Telp. 021-77826267

2. RS MH Thamrin International Cileungsi
Jl. Raya Narogong Limus Nunggal Cileungsi
Telp. 021-8235052

 

Last Updated on Wednesday, 05 May 2010 18:45
 
Shopping bag kosong



  • Lupa Password | Username
  • Anggota Terbaru:
    » Mutia Fauziah Laili, Kota Probolinggo
    » Ista Hasmarisna, Sleman
    » Indri Pebrinawati, Banyumas
    Jumlah Anggota: 15164

Live Chat
pin bb momsmiracle
whatsapp momsmiracle
085714350301
085718587426
cs : DJ
 Chat with Me
Reseller Info Shipping Rate
Distributor & Reseller Cargo
Hari ini22
Kemarin5323
Minggu ini20641
Bulan ini177046
27 guests, 15 bots online
Today: Jul 24, 2014

Tgl Awal Haid Terakhir