Adakah pengaruh operasi usus buntu pada kehamilan? PDF Print E-mail
Written by admin   
Monday, 09 June 2008 17:20

Saya pernah operasi usus buntu dan letak jahitnya di bawah pusar dan termasuk operasi besar. yang saya tanyakan: adakah pengaruh operasi usus buntu dengan nanti jika saya hamil. karena saya takut terjadi hal2 yang tidak saya inginkan mengingat jahitannya seperti operasi sesar. saya sangat menghargai email balasan dari anda. trimakasih banyak.

Salam
- Nince

addthis_pub = 'rizki wicaksono'; addthis_logo = 'http://www.addthis.com/images/yourlogo.png'; addthis_logo_background = 'EFEFFF'; addthis_logo_color = '666699'; addthis_brand = 'MomsMiracle.Com'; addthis_options = 'facebook,multiply,myspace,buzz,digg,delicious,technorati,stumbleupon,google,yahoobkm,live,email,reddit,more';

Terima kasih atas pertanyaannya, bu Nin. Riwayat perasi usus buntu karena penyakit radang usus
buntu, tidak berpengaruh terhadap kemampuan menjadi hamil ataupun perkembangan janin karena penyakit tersebut sudah tidak ada setelah dioperasi, sehingga ibu tidak akan menderita radang usus buntu lagi (kan usus buntunya sudah dibuang). Kecuali jika radang usus buntu akut atau pecah terjadi saat kehamilan, maka akan mempengaruhi janin karena janin bisa terkena pengaruh infeksinya dan proses radangnya.

Sedangkan bila ibu hamil setelah usus buntunya dibuang, kehamilan dan persalinan akan berlangsung seperti biasa, tidak ada perlakuan khusus seperti halnya ibu hamil dengan gangguan fungsi jantung. Organ usus buntu tidak ada hubungannya dengan rahim. Usus buntu adalah bagian dari saluran pencernaan sedangkan rahim adalah bagian dari saluran reproduksi. Saluran cerna dan saluran reproduksi adalah 2 sistim yang berbeda fungsi dan tidak berhubungan satu sama lain.

Kalo ibu berencana hamil, silahkan saja. Persiapkan dengan baik terutama dalam hal gizi.Tentang rencana persalinan, bekas operasi usus buntu bukan merupakan indikasi operasi sesar, jadi kalaupun nantinya persalinan ibu berakhir dengan operasi sesar, maka hal itu tidak ada hubungannya dengan operasi usus buntu sebelumnya.

Hanya saja, jika akan dioperasi nanti, mungkin operasi sesar yang dilakukan memerlukan waktu yang lebih lama karena harus membebaskan perlekatan pada dinding perut yang timbul pada bekas operasi usus buntu yang cukup besar, dibandingkan dengan orang yang belum pernah dioperasi. Perlengketan tersebut memang hal yang alamiah terjadi dalam proses penyembuhan dan penutupan luka.

Salam.

{mosimage}dr. Valleria Sp.OG
Staff Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas YARSI, Jakarta

Praktek:
1. RS Hasanah Graha Afia
Jl. Raden Saleh no. 42 Depok
Telp. 021-77826267

2. RS MH Thamrin International Cileungsi
Jl. Raya Narogong Limus Nunggal Cileungsi
Telp. 021-8235052

Last Updated on Tuesday, 27 April 2010 19:56
 
Shopping bag kosong



  • Lupa Password | Username
  • Anggota Terbaru:
    » Rizmah N, Kodya Yogyakarta
    » Hasanah, Bekasi
    » Neni Ernawati, Jombang
    Jumlah Anggota: 14974

Live Chat
pin bb momsmiracle
whatsapp momsmiracle
085714350301
085718587426
cs : DJ
 Chat with Me
Reseller Info Shipping Rate
Hari ini1985
Kemarin4704
Minggu ini19917
Bulan ini79861
24 guests, 1 members, 23 bots online
Today: Apr 18, 2014

Tgl Awal Haid Terakhir