TransMart
Janin tidak berkembang PDF Print E-mail
Written by lokomotif   
Wednesday, 19 November 2008 20:01

Assalamualaikum wr..wb.. Sy seorang ibu usia 26th, sudah mempunyai anak kini berusia 7th. Pada kehamilan pertama alhamdulillah bayi saya sehat tanpa ada masalah.sekitar 7 bln yg lalu saya periksa dan dinyatakan posatif hamil anak ke 2,dng usia kehamilan 5 minggu. Pada usia kehamilan saya sekitar 7 minggu sy pernah terpeleset,karena tidak ada masalah saya tidak langsung periksa.Kemudian pada usia 12 minggu/3 bln saya periksa lagi tapi kata dokter janin saya tdk berkembang,akhirnya saya dicurret. Saya pernah tanya apakah janin tidak berkembang itu disebabkan karena saya terpeleset?kata dokter mungkin karena kepleset/suplai makanan tidak masuk/ada sebab lain dokter tidak tahu. Padahal saya sudah mengikuti anjuran dokter minum vitamin,susu dan penguat kandungan. 1 bln setelah curret saya periksa kata dokter kandungan saya sudah kembali normal dengan ukuran 7cm,kista tidak ada.

Kemudian saya disarankan untuk tes ke lab,ada 8 item yg di tes,setelah hasil keluar ada 2 item yg positif yaitu Anti Toxoplasma IgG 69 dan Anti CMV IgG 46. Kemudian saya diberi obat seingat saya Flovavit sama immunos diminum setip hr selama 1 bln.stlh itu tes lagi untuk mengetahui perkembangannya tapi hasilnya tetap positif Anti Toxoplasma IgG 73 dan Anti CMV IgG 45. Kenapa perubahannya tidak berkurang kok malah bertambah? Setelah tes terakhir saya belum ke dokter langganan lagi,saya stres dok melihat hasilnya. Jarak curret sampai sekarang sudah 3 bln.

Yang ingin saya tanyakan:

  1. Apa saya bisa hamil lagi dalam kondisi ini?
  2. Apabila saya hamil,apakah ada efek pada janin? mungkinkah janin tidak berkembang/cacat
  3. Apabila saya hamil apa ada obat untuk mencegah agar semua itu tidak terjadi?

Terimakasih dok atas jawabanya. saya tunggu dok karena ini penting bagi saya. Wassalamualaikum wr.wb.

Santy, Solo

Janin tidak berkembang penyebabnya banyak sekali, bu. Salah satunya kelainan kromosom dari janin itu sendiri. Pada darah ibu, yang positif adalah IgG, bukan IgM. IgG artinya ibu punya antibodi untuk kekebalan terhadap virus/bakteriparasit tertentu dalam hal ini adalah virus CMV dan parasit toksoplasma. Untuk infeksi CMV sampai saat ini belum ada obatnya. Obat-obat yang diberikan dokter tersebut fungsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu karena sesungguhnya yang dapat mengatasi infeksi tersebut adalah daya tahan tubuh ibu sendiri.
 
Menurut saya, kondisi ibu baik-baik saja, tidak perlu dicemaskan dan silahkan merencanakan lagi kehamilannya. Saya cukup banyak mendapat pertanyaan seperti ini, silahkan ibu baca lagi arsip pertanyaan dan jawaban yang ada.
Image dr. Valleria Sp.OG
Staff Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta

Praktek:
1. RS Hasanah Graha Afia
Jl. Raden Saleh no. 42 Depok
Telp. 021-77826267

2. RS MH Thamrin International Cileungsi
Jl. Raya Narogong Limus Nunggal Cileungsi
Telp. 021-8235052

 
Shopping bag kosong



  • Lupa Password | Username
  • Anggota Terbaru:
    » Titin A, Kota Bekasi
    » Ani Sari, Madiun
    » Mutia Fauziah Laili, Kota Probolinggo
    Jumlah Anggota: 15166

Live Chat
pin bb momsmiracle
whatsapp momsmiracle
085714350301
085718587426
cs : DJ
 Chat with Me
Reseller Info Shipping Rate
Distributor & Reseller Cargo
Hari ini68
Kemarin4230
Minggu ini24917
Bulan ini181322
18 guests, 7 bots online
Today: Jul 25, 2014

Tgl Awal Haid Terakhir