Kenapa plasenta menutupi jalan lahir? PDF Print E-mail
Written by lokomotif   
Friday, 05 September 2008 12:27
Kemarin saya baru saja konsultasi ke dokter, menurut dokter posisi plasenta bayi menutupi jalan lahir.Usia kehamilan saya sekarang 5 bulan, berat bayi 600 gr. Yang ingin saya tanyakan apakah usia kehamilan 5 bulan dng berat bayi sekian normal atau kurang berat, apakah ada pengaruhnya saat melahirkan nanti, apakah akan melahirkan secara cesar atau masih bisa normal, mengapa posisi plasentanya bisa menutupi jalan lahir, apakah posisi tsb masih bisa berubah. Setelah itu saya harus periksa urine dan darah saya di laboratorium, apakah itu dilakukan karena posisi bayi tersebut atau ada masalah lain. Satu lagi saya ingin menanyakan apa fungsi dari imunisasi TT. Terimakasih sebelumnya untuk jawaban dari semua pertanyaan saya tersebut.
 
Dessy, Jakarta
Tidak ada yang perlu dicemaskan untuk kondisi plasenta yang masih menutupi jalan lahir pada usia kehamilan 5 bulan (+ 20 minggu) selain adanya risiko perdarahan. Letak plasenta tersebut masih ada kemungkinan ’naik’ seiring dengan bertambah besarnya rahim. Letak plasenta tersebut akan dievaluasi kembali pada usia kehamilan 28 dan 34 minggu. Jika pada usia kehamilan 34 minggu plasenta masih menutupi jalan lahir, maka sudah dapat dikatakan plasenta previa totalis dan jika ini terjadi maka persalinan harus dengan operasi sesar, bayi tidak mungkin lahir melalui vagina karena pintu rahim ditutupi secara total oleh plasenta. Jika plasenta tidak menutupi total, maka persalinan spontan lewat vagina masih dimungkinkan jika tidak ada perdarahan banyak atau kondisi yang dapat membahayakan ibu dan janin. Jadi, cara persalinan ibu belum dapat ditentukan pada usia kehamilan 5 bulan, ya bu. Cara persalinan nanti ditentukan menjelang cukup bulan, antara 34-36 minggu; jika memenuhi syarat untuk lahir pervaginam, maka pasti akan direncanakan lahir pervaginam.
 
Berat janin pada usia kehamilan 20 minggu rata-rata 500 gram, jadi menurut saya, berat janin ibu masih dalam batas normal. Sampai saat ini tidak diketahui persis faktor yang menyebabkan implantasi plasenta rendah sehingga menutupi jalan lahir; faktor yang diperkirakan berperan, antara lain:
  • Kebiasaan merokok
  • Usia ibu
  • Jumlah paritas (jumlah persalinan yang sudah dijalani)
Tes darah dan urin tidak ada hubungannya dengan letak plasenta. Dokter ibu menyarankan hal tersebut sebagai penapisan awal untuk menilai kondisi umum ibu, apakah ada faktor metabolik/gangguan darah yang dapat menimbulkan komplikasi pada kehamilan, yang seringnya tidak disadari oleh ibu hamil karena tidak pernah ada keluhan sebelum hamil. Ada lho bu, ibu hamil yang bahkan golongan darahnya saja dia tidak tahu.
 
Tentang imunisasi TT (tetanus toksoid), fungsinya adalah untuk melindungi bayi baru lahir dari serangan kuman tetanus saat talipusatnya dipotong. Memang, saat ini dengan kemajuan teknologi sterilisasi alat kedokteran, kejadian infeksi tetanus pada bayi baru lahir (tetanus neonatorum) terutama di kota-kota besar, menjadi sangat jarang. Tetapi kejadian ini masih dapat ditemukan di daerah-daerah yang persalinan ibu hamil masih ditolong oleh dukun beranak yang belum dilatih tentang sterilisasi alat. Infeksi tetanus pada bayi baru lahir menimbulkan kematian pada bayi. Jadi, untuk mengantisipasi hal ini, maka pemerintah membuat program kesehatan masyarakat yaitu pelatihan dukun dan pemberian imunisasi TT pada ibu hamil untuk mencegah kejadian tetanus neonatorum. Jika ibu memang yakin dapat melahirkan di tempat yang sterilitas alatnya terkontrol baik, maka sebenarnya imunisasi TT tidak perlu. Masalahnya, kadang-kadang manusia hanya bisa berencana, tetapi pada saatnya ternyata ibu terpaksa melahirkan di tempat yang bukan rumah sakit, maka imunisasi TT yang ibu dapatkan saat hamil, setidaknya melindungi bayi ibu dari salah satu penyebab kematiannya yaitu tetanus neonatorum.
Image dr. Valleria Sp.OG
Staff Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta

Praktek:
1. RS Hasanah Graha Afia
Jl. Raden Saleh no. 42 Depok
Telp. 021-77826267

2. RS MH Thamrin International Cileungsi
Jl. Raya Narogong Limus Nunggal Cileungsi
Telp. 021-8235052

Last Updated on Friday, 05 September 2008 12:28
 
Shopping bag kosong



  • Lupa Password | Username
  • Anggota Terbaru:
    » Martiani Fitroh, Bekasi Selatan
    » Zulaihah, Bojonegoro
    » Tengku Riri, Jakarta Selatan
    Jumlah Anggota: 14989

Live Chat
pin bb momsmiracle
whatsapp momsmiracle
085714350301
085718587426
cs : DJ
 Chat with Me
Reseller Info Shipping Rate
Hari ini3257
Kemarin4215
Minggu ini20256
Bulan ini114638
126 guests, 28 bots online
Today: Apr 25, 2014

Tgl Awal Haid Terakhir