f
Bayi sangat aktif apakah karena tidak nyaman? PDF Print E-mail
Written by lokomotif   
Monday, 25 August 2008 20:21

Hi doc, usia kehamilan saya 32mggu, sudah usg dan ternyata cowok. Saya ada beberapa pertanyaan karena pas terakhir check posisi bayi sungsang kepala di atas, apakah masih bisa kembali ke posisi normal? lalu saya juga ada keputihan tetapi tidak begitu berbau dan sedikit apa dapat membuat bayi lahir prematur? dan yang terakhir bayi saya kadang sangat aktif bergerak apakah tandanya si bayi tidak nyaman akan suatu hal? Terima kasih

Adisti, Tangerang

Terima kasih atas pertanyaannya, bu.

Posisi janin dikatakan sudah mantap (tidak berubah lagi) setelah usia kehamilan 35 minggu. Jadi, bila pada usia kehamilan 32 minggu letaknya sungsang, masih ada kemungkinan berubah karena usia kehamilan belum 35 minggu. Biasanya dokter akan menyarankan ibu melakukan gerakan tertentu yang kita sebut knee-chest position, yaitu gerakan seperti sujud, salah satu pipi menempel di lantai, kedua lutut menempel di lantai dan bokong dalam posisi menungging. Dilakukan minimal 5 kali sehari, selama 10-15 menit. Gerakan ini bertujuan untuk membantu janin agar berputar sehingga bagian terbawahnya adalah kepala.
 
Keputihan adalah salah satu tanda infeksi, jadi setiap ada keputihan, harus diyakinkan dulu apakah disebabkan oleh infeksi atau oleh sebab lain dengan cara memeriksakannya. Dokter akan melihat karakteristik keputihan itu dengan melakukan periksa dalam menggunakan spekulum. Jika keputihan tersebut karena infeksi maka kehamilan ibu berisiko untuk mengalami persalinan prematur.
 
Janin di dalam rahim memang seharusnya aktif bergerak, bu. Apalagi pada trimester II-awal trimester III. Pada akhir trimester III, yaitu menjelang persalinan, janin biasanya sudah tidak begitu aktif dibandingkan sebelumnya karena ruang geraknya sudah terbatas dan air ketuban sudah mulai berkurang. Tetapi gerakan janin harus tetap dirasakan, minimal 12 kali dalam 10 jam; bila kurang, maka mungkin ada sesuatu pada janin sehingga harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Janin yang sangat aktif bergerak, apabila memang kebiasaannya seperti itu, ya tidak apa-apa, bu. Tetapi, jika ibu merasakan perubahan, mungkin memang ada sesuatu yang membuatnya ’tidak nyaman’. Jadi, yang perlu ibu amati adalah ’perubahan’ gerak janin, apakah itu menjadi sangat aktif atau menjadi berkurang sama sekali. Jika mengalami hal ini maka ibu harus segera memeriksakan diri ke dokter kandungan ibu.
Image dr. Valleria Sp.OG
Staff Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta

Praktek:
1. RS Hasanah Graha Afia
Jl. Raden Saleh no. 42 Depok
Telp. 021-77826267

2. RS MH Thamrin International Cileungsi
Jl. Raya Narogong Limus Nunggal Cileungsi
Telp. 021-8235052

Last Updated on Monday, 25 August 2008 20:21
 
Live Chat
whatsapp momsmiracle2AFFAAA1
whatsapp momsmiracle085714350301
085718587426
instagram momsmiraclemomsmiracle
line momsmiraclemomsmiracle
twitter momsmiracle@momsmiracle
Reseller Info Shipping Rate