Pengaruh gelang kesehatan (magnetik) terhadap kehamilan PDF Print E-mail
Written by lokomotif   
Tuesday, 19 August 2008 17:35
Dokter valleria, saya dan suami saya sangat berterima kasih atas jawaban yang telah dokter berikan pada pertanyaan saya tentang kondisi bayi saya beberapa waktu yang lalu. Begini dok, 5 hari yang lalu saya baru keluar dari rumah sakit.Saya sempat dirawat disana dan di infus duvadilan.

saya masuk rumah sakit jam4 pagi, karena kontraksi dan mulas yang saya rasakan seperti layaknya orang mau melahirkan.Awalnya seharian aktifitas saya biasa-biasa saja malah saya makan cukup banyak,makan buah,sayur, vit dan susu.dan saya tidak melakukan pekerjaan yang berat2.Kira-kira jam 7 malam ibu saya ditawari oleh temannya Gelang & kalung Bio-Magnetik. Saya sempat memegang benda-benda tersebut malah sempat saya letakkan di paha saya.Gelang itu mengandung energi sinar infra merah (Far Infrared), titanium, germanium.Dan katanya berkhasiat sekali untuk kesehatan, tetapi tidak boleh dipakai oleh wanita hamil.

Kira-kira pukul setengah 1 malam, saya merasa seperti mulas.kemudian rasanya seperti mau BAB.saya katakan pada suami saya dan suami saya langsung menelephone dokter kandungan saya dan saya disuruh minum obat Buscopan.Namun rasa mulas itu tidak juga hilang malah semakin sakit rasanya dan bayi saya pergerakannya sangat aktif sekali tidak seperti biasanya.Seperti berputar2 dan gerakannya sangat menyakitkan. Saya kemudian disuruh dokter untuk minum Buscopan 2 butir lagi.Jadi total saya minum buscopan 3 butir, dan malah membuat saya muntah-muntah cukup banyak dan badan lemas. Kontraksi berhenti kurang dari 5 menit sekali dan hal itu berulang-ulang sampai saya berteriak kesakitan karena mulas,seperti ingin BAB.akhirnya saya langsung dibawa kerumah sakit tedekat.dan disana saya langsung diinfus duvadilan dan saya BAB (mencret2).yang ingin saya tanyakan :

1. Umur kehamilan saya 32 minggu dan katanya umurnya bayinya kembali muda, saya heran kenapa bisa kontraksi seperti itu, kata ibu dan suami saya itu efek dari saya memegang gelang dan kalung Bio magnetik tersebut.Karena katanya bisa menyembuhkan penyakit. Contoh kasus ibu saya mengalami pegal2 setiap mau tidur dan semenjak memakai benda tersebut rasa pegal2nya hilang dan bisa tertidur pulas. Karena katanya benda2 itu mengandung magnet yang bisa merangsang bayi menjadi sangat aktif.tapi memang yang saya rasakan bayi saya bergerak tidak seperti biasa.Dok apakah benar benda tersebut yang menyebabkan saya kontrakasi palsu?namun setelah saya diinfus duvadilan mulas saya agak berkurang tetapi anak saya masih sangat aktif sampai besoknya saya dirawat.

2.Apakah magnet yang terkandung dalam benda2 tersebut berbahaya untuk bayi saya karena bayi saya bergerak tidak seperti biasanya sampai ketika dirumah sakit bayi saya mau dicek detak jantungnya suster sampai tertawa karena anak saya bergerak
kesana kesini dan tidak mau diam sampai ditangani oleh 2 suster.Apakah berpengaruh untuk bayi saya?

3.Hasil terakhir usg usia kandungan 32 minggu dan berat anak saya 1800gram, kata dokter saya harus mengurangi makanan bergula. Apakah umur segini bisa dijadikan patokan bahwa nantinya bayi saya lahir dengan bobot yang cukup besar?

mohon jawabanya dok, karena semua jawaban dokter sangat bermanfaat untuk saya dan suami saya
THX, Janica and Our Baby, Jakarta
addthis_pub = 'rizki wicaksono'; addthis_logo = 'http://www.addthis.com/images/yourlogo.png'; addthis_logo_background = 'EFEFFF'; addthis_logo_color = '666699'; addthis_brand = 'MomsMiracle.Com'; addthis_options = 'facebook,multiply,myspace,buzz,digg,delicious,technorati,stumbleupon,google,yahoobkm,live,email,reddit,more';

Ibu Janica yang baik, saya senang sekali anda dan suami sangat concern dengan kehamilan ini dan itu sudah merupakan tanda yang baik bahwa anda benar-benar sudah menyadari kekeliruan anda di masa lalu. Selamat ya bu, insya ALLAH bu Janica akan menjadi bunda yang baik bagi anak-anaknya kelak.

Mengenai pertanyaan ibu:

1.    Usia kehamilan 32 minggu memang masih belum cukup bulan, bu Janica. Kehamilan disebut cukup bulan pada usia kehamilan 37 minggu lengkap (37 minggu 7 hari = 38 minggu) sampai 41 minggu. Jadi, seharusnya pada usia kehamilan 32 minggu tidak ada tanda persalinan (dalam hal ini kontraksi). Jika tanda tersebut muncul maka ibu mengalami ancaman persalinan prematur. Obat bernama duvadilan itu memang salah satu obat yang dapat mengurangi kontraksi rahim. Dokter memberikan obat itu sebagai usaha untuk mencegah agar janin ibu tidak lahir prematur. Tentang gelang/kalung bio-magnetik, terus-terang saya tidak bisa menjawabnya secara ilmiah, ibu karena belum ada penelitian resminya setahu saya. Wallahu’alam bi showab. Apakah kontraksi yang ibu alami karena pengaruh gelang/kalung tersebut, saya juga tidak bisa menjawabanya karena sejauh yang saya pelajari selama kuliah, bio-magnetic ini tidak termasuk dalam mata ajar. Penyebab kontraksi sebelum waktunya pada umumnya adalah infeksi dan sebagian lain penyebabnya tidak diketahui, sampai saat ini masih dalam penelitian. Angka statistik menyebutkan bahwa seorang wanita yang pada kehamilan sebelumnya mengalami persalinan prematur, maka risikonya untuk mengalami persalinan prematur pada kehamilan berikutnya lebih besar dibanding yang tidak. Tetapi penyebabnya sampai sekarang tidak diketahui. Saya justru curiga bahwa kontraksi yang ibu alami ada kaitannya dengan (asap) rokok, kafein dan alkohol yang lekat dengan kehidupan ibu sebelumnya karena dalam kepustakaan memang disebutkan bahwa faktor ini bisa menjadi pemicu persalinan prematur disamping faktor infeksi.

 

2.    Bayi yang lebih aktif dari biasanya memang harus dicurigai ada suatu gangguan. Biasanya dokter akan meminta pola rekaman jantung janin yang disebut pemeriksaan kardiotokografi karena umumnya dokter harus mencari tahu apakah janin yang ada di dalam kandungan tersebut sedang mengalami hipoksia (kekurangan oksigen) atau tidak. Kondisi kekurangan oksigen akut (mendadak/tiba-tiba) bisa menyebabkan janin menjadi lebih aktif sesaat sampai tubuhnya tidak dapat lagi mengkompensasi gangguan tersebut, yang akhirnya gerakannya menjadi semakin lemah, bahkan bisa berhenti bergerak (meninggal) jika kondisi hipoksia itu terus berlanjut. Yang bisa ibu lakukan saat ini, perhatikan saja gerakan janin ibu, ya....minimal dalam 1 jam bergerak 4 kali. Bila kembali bergerak terlalu aktif, sampai ibu kesakitan dan tidak bisa istirahat, ibu harus segera menemui dokter ibu, ya agar diperiksa dengan teliti kondisi kehamilannya.

 

3.    Rata-rata berat janin pada usia kehamilan 32 minggu minimal 1500 gram. Memang umumnya dokter akan menyarankan mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana (gula) bila bayi dicurigai ada kecenderungan ’besar’. Tapi hal ini tidak hanya bermanfaat bagi ibu yang janinnya cenderung besar, juga bermanfaat bagi semua ibu hamil karena kelebihan gula dapat membahayakan kehamilan. Mengurangi konsumsi gula merupakan salah satu gaya hidup sehat lho, bu. Jadi, mau hamil atau tidak, kita disarankan untuk tidak banyak makan yang manis-manis.Kelebihan gula dapat merusak kemulusan pembuluh darah. Jika pembuluh darah rusak, maka banyak penyakit yang akan timbul misalnya hipertensi (darah tinggi) dan diabetes (kencing manis). Untuk memperkirakan janin cenderung besar atau tidak, dapat digunakan patokan pada usia kehamilan berapapun, umumnya setelah 20 minggu. Hal ini ditentukan berdasarkan grafik pertumbuhan janin, jika kurang dari persentil 10, mungkin ada gangguan pertumbuhan dan sebaliknya jika ukuran lebih besar dari rata-rata, mungkin juga ada gangguan pertumbuhan/penyakit tertentu. Tentunya grafik ini tidak berlaku saklek, karena ada kriteria-kriteria lain. Misalnya dokter juga akan melihat potensi genetiknya; bila kedua orangtuanya berbadan tinggi besar, maka tentu saja ada kecenderungan anaknya juga tinggi-besar, begitu sebaliknya.

Demikian ibu Janica, semoga dapat membantu.


{mosimage}dr. Valleria Sp.OG
Staff Pengajar Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta

Praktek:
1. RS Hasanah Graha Afia
Jl. Raden Saleh no. 42 Depok
Telp. 021-77826267

2. RS MH Thamrin International Cileungsi
Jl. Raya Narogong Limus Nunggal Cileungsi
Telp. 021-8235052

Last Updated on Wednesday, 05 May 2010 18:46
 
Shopping bag kosong



  • Lupa Password | Username
  • Anggota Terbaru:
    » Rizmah N, Kodya Yogyakarta
    » Hasanah, Bekasi
    » Neni Ernawati, Jombang
    Jumlah Anggota: 14974

Live Chat
pin bb momsmiracle
whatsapp momsmiracle
085714350301
085718587426
cs : DJ
 Chat with Me
Reseller Info Shipping Rate
Hari ini1275
Kemarin5460
Minggu ini24667
Bulan ini84611
13 guests, 114 bots online
Today: Apr 18, 2014

Tgl Awal Haid Terakhir